fbpx

Introduction

PSLD UB Menerima Kunjungan dari Universitas Padjadjaran

PSLD UB Menerima Kunjungan dari Universitas Padjadjaran

Untuk yang kesekian kali, Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya (PSLD UB) menerima kunjungan. Kali ini PSLD UB menerima kunjungan dari Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk melakukan studi banding mengenai pembentukan Pusat Layanan Disabilitas pada hari Selasa (01/11).

Banyak hal yang dibahas dalam kujungan tersebut, beberapa diantaranya adalah mengenai mekanisme dan alur dalam pembentukan PLD, mekanisme menerimaan mahasiswa disabilitas, layanan-layanan yang diberikan kepada mahasiswa disabiltas, sampai dengan kurikulum yang perlu disiapkan dalam proses belajar mengajar untuk mahasiswa disabilitas.

Sebagai salah satu kampus terbesar di Indonesia, Unpad yang diwakili oleh Herlina Agustin dan Rinda Aunillah selaku dosen di Unpad sangat tertarik untuk mendirikan PLD sebagai bentuk kepedulian dalam mewujudkan kampus yang inklusif. Pihak Unpad berkomitmen akan mulai mendirikan PLD dan mulai menerima mahasiswa disabilitas pada tahun ini.

“Kami berkomitmen untuk memulai (menerima mahasiswa disabilitas) pada tahun ini maka dari itu kita harus menghitung mundur dari sekarang dan harus menyiapkan semua PR (sistem dan sarpras) itu tadi”, ujar Rinda (01/11).

Dalam kesempatan itu Zubaidah Ningsih, Ph.D juga menyampaikan bahwa dari sekian banyak jenis disabilitas, hal yang perlu diprioritaskan untuk dilayani adalah menyesuaikan dengan yang ada di lapangan.

“menyesuaikan di lapangan saja, apabila yang di lapangan banyak disabilitas tulinya maka layanilah itu, apabila yang di lapagan banyak disabilitas mentalnya maka layanilah itu, begitu terus selanjutnya”, Ujar Zubaidah (01/11).

Dari minat dan keseriusan yang ditunjukan oleh pihak Unpad, PSLD UB sangat mendukung pembentukan PLD untuk menciptakan kampus yang inklusif. Dukungan yang diberikan PSLD UB berupa memberikan referensi-referensi dan masukan-masukan untuk pihak Unpad.

Harapanya dari semakin tingginya kampus-kampus di Indonesia yang mulai mendirikan PLD maka semakin tinggi pula kesempatan untuk penyandang disabilitas dapat melanjutkan studi ke tingkat perguruan tinggi dalam rangka menyemai inklusif untuk masa depan yang berkeadilan.

Open chat
1
Need help?
PLD UB
Hello, can we help you?