UB Official | Prasetya | Gapura | SIAM
Program Kerja
Layanan
Layanan kami kepada penyandang disabilitas di Universitas Brawijaya adalah program kerja utama kami sepanjang tahun.
Humas dan advokasi
Hubungan masyarakat dan advokasi melakukan kerja sama dengan berbagai pihak dan multisektor untuk menyebarkan isu disabilitas dan praksisnya melalui advokasi.
Pengembangan layanan
Sebagai pusat layanan, PLD menekankan pentingnya penelitian dan kajian untuk terus meningkatkan pelayanan inklusif.
Program kerja utama Subdirektorat Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya adalah layanan kepada penyandang disabilitas di lingkungan Universitas Brawijaya. Layanan tersebut terutama menyasar mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Ada enam layanan PLD UB yang terdiri dari layanan akomodasi, layanan aksesibilitas, tutorial, konseling, digitisasi buku, dan layanan mobilitas. Layanan ini diselenggarakan secara rutin sehari-hari sebagai sebuah tonggak utama penyelenggaraan pendidikan inklusif di perguruan tinggi.
Untuk mendukung program kerja tersebut, Pusat Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya juga menyelenggarakan beberapa kegiatan, di antaranya adalah:
- Penerimaan mahasiswa baru penyandang disabilitas;
- Pelatihan kerja kepada mahasiswa difabel;
- Pelatihan disability awareness dan bahasa isyarat dasar kepada calon volunteer, tenaga pengajar, dan tenaga kependidikan;
- Pelatihan aksesibilitas digital bagi volunteer;
- Pelatihan bahasa isyarat dasar, menengah, dan lanjut untuk juru bahasa isyarat;
- Advokasi kebijakan inklusi-disabilitas di tingkat kampus;
- Kampanye isu disabilitas di media sosial;
- Penerbitan Indonesian Journal of Disability Studies dua kali dalam setahun;
- Kerja sama dengan berbagai lembaga baik nasional dan internasional di bidang isu disabilitas.
Selain kerja-kerja inklusi-disabilitas di Universitas Brawijaya, PLD juga terlibat dalam banyak aktivitas yang berkenaan dengan isu disabilitas, baik regional, nasional, maupun internasional.