fbpx

Introduction

Nobar dan Diskusi Film CODA

Nobar dan Diskusi Film CODA

Film ini bercerita tentang keluarga Tuli yang memiliki satu anak dengar. Anak dengar dari orang tua Tuli dikenal dengan CODA (Children of Deaf Adult). Ruby Rossi, anak tersebut, berperan ganda sebagai anak dan sebagai juru bahasa isyarat bagi orang tua dan saudaranya yang Tuli.

Di film ini tergambar bagaimana stigma pada Tuli, ambiguitas posisi Ruby, dan gambaran pengalaman yang kompleks sebagai anak dengar dari orang tua Tuli. Stigma pada Tuli bukan hanya mengenai orang Tuli, tapi juga anggota keluarga mereka.

Di sisi lain, Ruby yang memiliki peran ganda juga tak lepas dari kebingungannya. Ia yang hobi dan berbakat menyanyi sempat ditentang oleh keluarganya untuk melanjutkan sekolah di sekolah musik. Salah satu ungkatan ibunya, “Jika kami buta, apa kamu akan menjadi pelukis?”

Setelah dirilis pada 13 Agustus 2021, film ini berhasil meraih penghargaan sebagai Film Terbaik (Best Picture) dalam ajang Oscar 2022.

Bertepatan dengan Hari Bahasa Isyarat Internasional, ayo gabung nobar dan diskusi film CODA pada Jum’at, 23 September 2022, pukul 13.00-16.00 WIB, di Movie Room Lt. 8 FIB UB.

Jangan lupa. Tempatnya terbatas.

Acara ini disediakan JBI pada tahap diskusi, dan closed-caption dan audio description ketika film berlangsung.

Open chat
1
Need help?
PLD UB
Hello, can we help you?