fbpx

Introduction

Komisioner KND Kunjungi PLD UB Tindaklajuti Kerjasama

Komisioner KND Kunjungi PLD UB Tindaklajuti Kerjasama

Kota Malang--Komisioner Komisi Nasional Disabilitas (KND) Republik Indonesia, Dr. Rachmita Maun Harahap, hadir ke Pusat Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya menindaklanjuti kerja sama UB dengan KND, Rabu, 22 Juni 2022.

Kerjasama Universitas Brawijaya dengan Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia memuat di antaranya 1) kolaborasi riset, (2) pembentukan layanan disabilitas di kampus-kampus lain di Indonesia, (3) pembuatan panduan layanan akademik, (4) regulasi sistem penerimaan mahasiswa baru difabel.

Pada pertemuan kali ini, KND banyak menelusuri bagaimana perguruan tinggi dapat membuat unit layanan disabilitas seperti di UB.

Ketua PLD UB, Zubaidah Ningsih AS, Ph.D., mengatakan bahwa layanan disabilitas di UB sudah terjamin oleh keberadaan peraturan rektor.

“Dengan keberadaan pertor tersebut, posisi layanan disabilitas menjadi semakin terjamin keberadaannya. Ini yang menjadi acuan utama layanan di tingkat kampus UB,” ucapnya.

Jajaran pengurus PLD UB juga menunjukkan ragam layanan yang disediakan di UB. Pembicaraan terkait layanan-layanan tersebut memberikan gambaran ke masing-masing pihak bagaimana menduplikasi keberadaan layanan di kampus lain.

Rachmita juga memberi masukan terkait bagaimana cara meningkatkan kualitas lulusan dengan disabilitas.

“Meskipun banyak PR yang harus kita garap, ada hal yang dapat kita tempuh untuk meningkatkan kualitas lulusan, seperti meningkatkan kualitas pendampingan dan memberi jaminan beasiswa agar performa akademik mahasiswa dengan tingkat ekonomi tertentu dapat terjamin,” usulnya.

Di akhir kunjungan, KND juga bertemu dengan sebagian mahasiswa difabel yang sedang beraktivitas di Rumah Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya.

Recent Posts

Book Launching “Satu Dekade Pendidikan Inklusif di Universitas Brawijaya”

Bunga Rampai Satu Dekade Pendidikan Inklusif di Universitas Brawijaya adalah kumpulan tulisan tentang pengetahuan, pengalaman, dan refleksi tentang pendidikan inklusif di perguruan tinggi. Setelah satu dekade berdiri, PLD UB hendak mengkompilasi pengetahuan dan pengalaman mendorong inklusi-disabilitas di kampus. Sebagai sebuah…

Kelas Bahasa Isyarat Tingkat Menengah Hasilkan 50-an Calon Juru Bahasa Isyarat Baru

Kota Malang—Sejak pertengahan Oktober 2022, Pusat Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya menyelenggarakan Kelas Bahasa Isyarat Tingkat Menengah untuk volunteer. Kelas tersebut terbagi ke dalam lima kelas yang masing-masing difasilitasi oleh Tuli sebagai guru kelas. Pada Selasa, 1 November 2022, kelas bahasa…
Open chat
1
Need help?
PLD UB
Hello, can we help you?