fbpx

Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas

Setiap tahun sejak 2012, Universitas Brawijaya telah menerima calon mahasiswa penyandang disabilitas melalui Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas (SMPD). SMPD menjadi salah satu seleksi mandiri di UB sebagaimana jalur masuk UB umum dengan penyesuaian kebutuhan penyandang disabilitas di tiap tahapannya.

Alamat

Rumah Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya, Jl. Veteran, Kota Malang, Jawa Timur.

Kontak Kami

Anda dapat bertanya kepada kami melalui email dan media sosial kami.

Rangkaian SMPD

Informasi lengkap Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas (SMPD) Universitas Brawijaya untuk tahun 2024 dapat dibaca di selma.ub.ac.id. Ikut terus informasi mengenai SMPD melalui website ini atau media sosial kami.

Frequently Asked Question SMPD

Apakah UB menerima calon mahasiswa penyandang disabilitas?

Iya. Universitas Brawijaya menerima mahasiswa penyandang disabilitas dan memberikan layanan melalui Subdirektorat Layanan Disabilitas atau yang dikenal dengan Pusat Layanan Disabilitas.

Ragam disabilitas apa saja yang diterima dan di jurusan apa saja?

UB menerima semua ragam disabilitas tanpa terkecuali. Hanya saja, tidak semua jurusan menerima semua ragam disabilitas. Informasi lengkap mengenai jurusan dan ragam disabilitas apa yang diterima dapat diakses di website Seleksi Mandiri UB (selma.ub.ac.id).

Apakah penyandang disabilitas harus mengikuti SMPD?

Tidak harus. Penyandang disabilitas yang berminat mendaftar dan mengikuti seleksi masuk Universitas Brawijaya dapat pula masuk melalui jalur seleksi lain seperti jalur nasional atau jalur mandiri.

Apakah mahasiswa penyandang disabilitas mendapatkan beasiswa?

Belum tentu. Beasiswa untuk mahasiswa penyandang disabilitas baru diproses setelah calon mahasiswa resmi berstatus mahasiswa. Namun, pemerintah menyediakan skema beasiswa sejak awal mendaftar melalui KIP (kip-kuliah.kemdikbud.go.id).

Bagaimana cara mendaftar Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas di UB?

Untuk mendaftar SMPD, kunjungi website Seleksi Mandiri UB (selma.ub.ac.id) dan bacalah informasi terkait.

Apa saja syarat pendaftaran calon mahasiswa penyandang disabilitas?

Syarat lengkap pendaftaran SMPD dapat ditelusuri melalui informasi terbaru SMPD di website Seleksi Mandiri UB (selma.ub.ac.id).

Apakah ada batas usia untuk mendaftar SMPD?

Tidak ada batas usia untuk mendaftar SMPD. Aturan mengenai usia tidak diatur dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru. Hanya saja, batas tahun ijazah ditentukan di dalam proses seleksi tersebut.

Seperti apa proses seleksi calon mahasiswa penyandang disabilitas di UB?

SMPD UB memiliki empat tahapan seleksi, yaitu seleksi berkas, tes potensi akademik yang disesuaikan dengan kebutuhan akses penyandang disabilitas, psikotes, dan wawancara dengan ketua program studi atau yang mewakili.

Apa saja kriteria kelulusan calon mahasiswa penyandang disabilitas?

Kriteria utama kelulusan calon mahasiswa penyandang disabilitas adalah (1) kemampuan akademik yang dibuktikan melalui tes dan (2) kemauan, kesiapan, dan kemandirian untuk menjalani perkuliahan dengan baik.

Open chat
1
Need help?
CDS UB
Hello, can we help you?