fbpx

Binus University Kunjungi UB untuk Sharing Layanan Disabilitas

Kota Malang–Pada Rabu, 15 Maret 2023, beberapa perwakilan Binus University berkunjung ke Pusat Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya. Kampus yang memiliki beberapa cabang di kota-kota besar di Indonesia tersebut bermaksud untuk sharing pengalaman terkait layanan disabilitas di perguruan tinggi. Jajaran pengurus PLD UB yang diketuai Zubaidah Ningsih AS., Ph.D., menyambut kedatangan rombongan di lantai 2 Rumah Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya.

Perwakilan Binus University telah jauh-jauh hari mengomunikasikan maksud dan tujuan kunjungan tersebut, yang mencakup seleksi atau penerimaan mahasiswa baru penyandang disabilitas di Universitas Brawijaya, manajemen layanan, penyiapan lingkungan sosial dan fisik yang inklusif, dan hal-hal terkait lainnya.

Sharing Layanan dan Seleksi

Ujung tombak utama inklusi disabilitas di perguruan tinggi memang layanan dan pemastian hak partisipasi mahasiswa difabel. Selama ini, aspek tersebutlah yang menjadi inti utama keberadaan unit layanan disabilitas di kampus. Aspek ini pula yang banyak dibicarakan dalam kunjungan Binus University ke PLD UB.

Annisa Dwi Rachmawati, M.Psi.,Psikolog., Disability Services Section Head, Student Advisory & Support Center (SASC), Binus University, perwakilan dari rombongan, bertanya secara spesifik mengenai proses seleksi mahasiswa penyandang disabilitas di UB.

“Karena selama ini pun kami masih belum memilah secara spesifik terkait proses seleksi terutama kepada calon mahasiswa penyandang disabilitas,” ucapnya.

Lutfi Amiruddin, M.Sc., pengurus PLD UB, menanggapi beberapa pertanyaan perwakilan Binus University terkait SMPD UB.

“Memang dalam seleksi ini, kami perlu tahu lebih spesifik mengenai profil calon mahasiswa penyandang disabilitas. Itu tidak hanya terkait dengan layanan, tapi juga kesiapan dan kemandirian mereka dalam menjalani perkuliahan,” ucap Lutfi.

Setelah sesi tanya jawab terkait seleksi mandiri penyandang disabilitas di UB, tamu kunjungan juga diajak untuk berkeliling melihat fasilitas yang disediakan di UB. Fakultas Ilmu Komputer, sebagai fakultas terdekat secara jarak dengan Rumah Layanan Disabilitas UB, menjadi tujuan kunjungan. Rombongan juga banyak sharing tentang digitisasi bahan ajar, akses informasi mahasiswa difabel, dan aktivitas mereka dalam menjalani perkuliahan di suasana kampus yang inklusif.

Open chat
1
Need help?
PLD UB
Hello, can we help you?